Tips Aman Berinternet Di Warnet

Tips Aman Berinternet Di WarnetBagi kita yang tidak memiliki komputer dan jaringan internet sendiri, pasti memilih untuk bermain internet di Warkop uups Warnet. Namun tahukah anda, bahwa dengan browsing di tempat umum semacam warnet bisa membuat data-data yang pernah kita kirim atau terima di warnet tersebut juga bisa diketahui oleh orang lain.

Nah inilah tips-tipsnya, semoga anda dapat berinternet dengan aman, sehat, dan nyaman di warnet kesayangan anda:

  1. Sebelum mengakses internet, harap tekan tombol Ctrl+Alt+Shift+X atau Ctrl+Alt+Shift+Z. Jika di pojok kanan bawah muncul kotak ada kolom password berarti komputer tersebut terpasang program KEYLOGGER dan tidak menutup kemungkinan komputer milik teman kita juga jadi harap diingat setiap akses internet bukan di komputer sendiri demi keamanan. KEYLOGGER adalah aplikasi untuk merekam aktifitas keyboard yang kita tekan. Apapun yang kita ketik akan terekam, berarti termasuk Username dan Password Login milik anda akan terekam.
  2. Masukkan password anda dengan on-screen keyboard. Untuk mencegah password anda terekam keylogger  di warnet, anda sebaiknya memasukkan password anda dengan mengklik di on-screen keyboard. Cara mengaksesnya yaitu Start –> All Programs –> Accessories –> Accessibility –> On-Screen Keyboard atau dari menu Start –> Run dan ketikan osk lalu tekan Enter atau klik OK.
  3. Setelah masukkan password, klik Never pada konfirmasi menyimpan password. Setiap browser mempunyai bentuk konfirmasi menyimpan password yang berbeda-beda. Yang penting, jangan pernah mengiyakan pada konfirmasi menyimpan password.
  4. Jangan pernah mencentang keep me logged in di bawah form login. Jika anda di warnet, berbahaya jika anda mencentang keep me logged in, artinya menjaga kita agar tetap dalam keadaan login.
  5. Jangan lupa Logout sesudah membuka akun. Kadang saya lihat orang-orang dengan cerobohnya meninggalkan warnet tanpa logout terlebih dahulu. Padahal hal ini sangat fatal. Orang yang selanjutnya menggunakan komputer warnet tersebut dapat menguasai akun anda.
  6. Hapus riwayat (history) perambah sebelum menutup perambah internet (Firefox : Tools -> Clear Recent History, atau menggunakan Ctrl+Shift+Del) Biasanya terdapat pilihan untuk menghapus hasil pencarian, alamat URL, password dan sejenisnya. Ada pula yang menyertakan menghapus riwayat berdasar waktu pemakaian, 1 jam terakhir, 1 hari yang lalu atau semuanya.
  7. Setelah menghentikan billing, jangan lupa restart komputernya. Ini khusus warnet yang dipasang deep freeze-nya (tapi kebanyakan sudah terpasang). Ini dimaksudkan agar data-data cookie, cache, history,  dan data-data C dapat kembali seperti semula sebelum kita pakai (terhapus otomatis).
  8. Cara aman lainnya adalah menggunakan fasilitas Private Browsing. Untuk memulai Private Browsing caranya cukup mudah :
  • Jika Anda menggunakan browser Firefox, silahkan akses menu Tools -> Start Private Browsing atau tekan secara bersamaan tombol Ctrl+Shift+P, sehingga nantinya Anda akan dibawa ke Private Windows dari Firefox!
  • Pengguna Chrome, masuk ke Menu Tools (atau Gambar Tang di pojok kanan atas) -> New Incognito Windows (Jendela Penyamaran Baru) atau bisa juga menggunakan shortcut tinggal tekan secara bersamaan tombol Ctrl+Shift+N.
  • Untuk Opera 10 ke atas, klik Menu (di pojok kiri atas) -> Tabs and Windows -> New Private Windows atau New Private Tabs!

Sekian, semoga bermanfaat🙂

About Reiza

Banyak ilmu yang gratis kenapa harus malas?

Posted on 27/Jan/2012, in Browser, Internet and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: