Pengertian Versi Beta

Pengertian Versi BetaHai teman-teman semua, postingan kompi kali ini masih membahas tentang istilah-istilah komputer dan internet neh yang mana kali ini kita akan bahas tentang pengertian ‘Versi Beta’ atau dalam istilah bahasa inggrisnya ‘Beta Version’. Nah teman-teman pasti pernah dengar, kan? Yups, semoga bisa menambah wawasan teman-teman semua :).

Dalam pengembangan atau penciptaan suatu produk pastinya

mempunyai beberapa proses yang harus dijalani agar nantinya produk tersebut mempunyai kualitas yang lebih baik dan dianggap sudah cocok untuk beredar di pasar.

Tahap pertama dalam proses membuat produk perangkat lunak / software adalah tahap Alpha artinya produk tersebut masih dalam ujicoba pihak internal perusahaan.

Tahap kedua adalah tahap Beta, pada poin ini semua proses pengembangan software dapat diujicobakan secara gratis atau dengan harga diskon baik untuk kelompok pengguna tertentu disebut Closed Beta dan untuk semua populasi tanpa ada pengecualian disebut Open Beta.

Versi Beta sebenarnya adalah untuk meletakkan software tersebut pada sebuah tes di dunia maya dan juga sebagai umpan balik untuk mengidentifikasi bug yang muncul sehingga dapat segera mungkin untuk diperbaiki untuk menuju versi Final.

Meskipun produk versi beta akan sering memiliki semua fitur yang tersedia dalam versi final produk, mereka umumnya memiliki keterbatasan jika ada dukungan teknis yang tersedia bagi pengguna. Namun, banyak produk seringkali akan tetap dalam versi beta selama bertahun-tahun, selama waktu tersebut digunakan oleh khalayak luas seolah-olah mereka versi penuh produk.

Kata ‘Beta’ berasal dari bahasa Yunani, untuk huruf kedua dalam alfabet. Istilah ‘Beta Version’ atau ‘Beta Test’ berasal dengan tes hardware awal untuk komputer IBM, di mana beta test digunakan untuk menguji apakah perangkat keras berfungsi dengan benar.

Saat ini, kebanyakan program software yang pertama kali dirilis dalam versi beta sebelum dipasarkan untuk rilis umum. Sebuah versi beta juga dapat diterapkan ke situs web yang sedang menguji fitur-fiturnya dan mengandalkan umpan balik audiens. Website Beta pertama kali sering ditampilkan di domain rahasia yang hanya tersedia untuk audiens menguji mereka, sebelum ditransfer ke domain riil mereka untuk melihat luas.

About these ads

About Reiza

Banyak ilmu yang gratis kenapa harus malas?

Posted on 23/Oct/2011, in Internet and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: